Review Lengkap Kamera Samsung 360 Round



Bukan hanya berhasil sebagai vendor ponsel pintar untuk masyarakat menengah atas, kali ini Samsung mulai mencoba terobosan baru dengan menghadirkan produk kamera 360 derajat sebagai bentuk dari kebutuhan yang semakin profesional. Salah satu produk kamera yang sedang naik daun saat ini adalah Samsung 360 Round.

Sedikit berbeda dengan kamera 360 sebelumnya yaitu Gear 360 sebagai kamera yang sengaja dibuat sesuai dengan kebutuhan dari konsumen biasa. Saat ini kamera 360 Round ini menjadi satu-satunya kamera Samsung yang sengaja diperuntukkan bagi kalangan profesional. Bagaimana mulai penasaran bukan? Yuk segera simak review lengkapnya berikut ini!

1.      Diusung dengan 17 Kamera di Dalamnya
Kamera Samsung versi 360 Round ini diusung dengan fitur yang semakin maksimal. Bentuknya juga sederhana namun terlihat gagah, bulatan yang ada memiliki diameter 205mm dan berat sebesar 1,93 kilo gram.

Bukan hanya itu saja kamera ini juga dilengkapi dengan basis unibody dimana mampu bertahan dari serangan air maupun debu di sekitarnya. Jadi Anda pun tidak perlu merasa khawatir ketika menggunakannya dalam berbagai macam kondisi yang ada. Menarik sekali untuk dimiliki bukan?

Beda dengan Samsung versi 360 Gear yang hanya dibekali dengan 2 lensa agar bisa menghasilkan sebuah video 360 derajat, kini Samsung 360 Round dibekali dengan lensa yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung yaitu sejumlah 17 kamera yang mana bisa digunakan untuk merekam video 360 derajat dari berbagai sudut.

Tahukah Anda, ada yang lebih menarik lagi dari seri kamera ini dimana setiap kamera yang dipasang telah dilengkapi dengan sensor 2 megapixel serta lensa f/1.8. Samsung seri 360 Round mampu melakukan siaran langsung streaming video Virtual Reality 360 derajat hanya dengan frame-rate 30fps.

Untuk mendukung proses pembuatan video 4K 360 derajat kamera ini telah dibuat dengan spesifikasi RAM sebesar 10GB serta memori internal yang berkapasitas 40GB. Masalah penyimpanan Anda pun tidak perlu merasa khawatir sebab kamera ini telah didukung dengan slot memori eksternal untuk SD Card sebesar 256GB.

Bukan itu saja untuk SDD juga dibuat dengan kapasitas mencapai 2TB. Samsung 360 Round dibuat secara sempurna dengan tambahan fitur lain berupa 6 microphone internal dan juga dua port microphone versi eksternal.

2.      Membutuhkan PC dengan Spesifikasi yang Ekstra
Meskipun memiliki fitur yang sangat lengkap, agar bisa mengolah dan menghasilkan video jenis 4K 360 derajat dari kamera ini, maka Anda membutuhkan komputer atau PC dengan spesifikasi cukup tinggi.

Kamera Samsung 360 Round ini memberi syarat tertentu untuk komputer yang akan digunakan. Beberapa syarat tersebut diantaranya adalah paling tidak menggunakan versi di atas Intel Core i7 6700K, kapasitas RAM 16 GB serta terdapat kartu grafis dengan seri Nvidia GeForce GTX 1080.

Sedangkan untuk video siaran langsung atau live streaming akan dibutuhkan komputer maupun PC dengan spesifikasi yang lebih prima dari sebelumnya. Kualifikasi tersebut antara lain adalah menggunakan prosesor di atas Intel seri i7 6950X, didukung dengan kapasitas ram 32 GB, dan juga dua kartu grafis jenis Nvidia GeForce 1080.

3.      Kamera Anti Air dan Debu
Anda tentunya juga sudah tahu bukan bahwasanya barang elektronik sangat rentan dengan beberapa hal seperti air, debu dan beberapa hal lainnya. Namun kali ini hal tersebut tidak berlaku pada kamera seri Samsung 360 Round yang mana sengaja didesain dengan dukungan anti air dan debu.

Fitur ini tentunya cocok bagi Anda yang sering menyiarkan video di luar ruangan. Di dalam kondisi apapun bahkan pada saat cuaca sedang hujan lebat sekalipun. Dukungan anti debu IP65 menjadikan kamera ini tidak membutuhkan kipas agar bisa mendinginkan kamera, sehingga ketika digunakan pun tidak akan terasa berisik.

4.      Cara Kerja Terbaik
Mungkin saja Anda pernah menonton sebuah video jenis 360 derajat. Namun apakah Anda tahu video tersebut itu sebenarnya adalah rangkai gambar dua dimensi yang memang sengaja dibuat menyerupai animasi tiga dimensi atau 3D. Agar bisa membuat gambar seperti itu tentunya dibutuhkan sepasang kamera.

Lalu bagaimana dengan Samsung 360 Round yang memiliki kamera berjumlah 17 kamera? Pasti gambar manipulasi tiga dimensi akan semakin epik dibuatnya. Ya, cara kerja pada kamera ini memang terbilang simpel namun unik.

Bagaimana tidak, kamera ini akan mengambil gambar pada beberapa momen tertentu. Kemudian setelah gambar tersebut terkumpul maka akan dilakukan proses jahit gambar sehingga gambar yang disajikan pun seolah-olah bisa jadi gambar tiga dimensi yang sesungguhnya.

5.      Harga Fantastis
Berbicara masalah harga yang dibanderol pada Samsung 360 Round, mungkin sedikit berbeda dengan jenis kamera pada umumnya. Ya kamera dari Samsung ini memang terlahir secara sempurna dengan spesifikasi yang tentunya juga luar biasa.

Kamera Samsung seri Round 360 derajat ini bukanlah jenis barang yang bisa Anda dapatkan dengan mudah seperti membeli sebuah ponsel pintar saja. Berat dari kamera ini hampir 2 kilo gram.

Untuk masalah harga sebenarnya memang belum secara resmi diumumkan namun ada beberapa sumber menyatakan bahwasanya kamera ini akan dijual dengan harga sekitar USD 10.000 atau jika dikalkulasi dalam uang Indonesia bisa mencapai sekitar 140 jutaan rupiah. Bagaimana harga yang cukup mengerikan bukan?

Nah itu dia beberapa ulasan singkat mengenai kamera Samsung 360 Round. Dengan spesifikasi dan dukungan fitur yang terbaik maka wajar saja jika kamera ini dibanderol dengan harga fantastis. Bagi Anda yang suka dengan video tiga dimensi maka tidak ada salahnya untuk mencoba kamera ini!