3ds Max merupakan software 3D yang terkenal untuk membuatan animasi. Dengan 3ds
kita bisa membuat apa saja yang kita inginkan. Dan ketika berbicara hasil
jangan salahkan softwarenya, tetapi salahkan yang buat, ok. Bagus jeleknya
karya yang dihasilkan itu tergantung yang membuatnya bukan softwarenya yang
eror.
Saya kenal seorang master 3ds, karyanya berupa tutorial sudah dijual dan laku
keras. Awalnya beliau hanya membuat tutorial sederhana tetapi tidak bisa di temukan
dimanapun. Tutorialnya bukan hasil menyontoh namun hasil pemikiran sendiri, itu
yang membedakan beliau dengan pembuat tutorial yang lain.
Kemarin setahu saya beli 3 buku gratis ongkos kirim. Satu buku harganya sekitar
50 ribu. Lumayan murah buat orang yang bener-bener niat belajar 3ds Max. tapi
saya lupa websitenya apa, soalnya sudah lama tidak membuka websitenya
dikarenakan kesibukan di dunia nyata.
Ok sob. Sudah review tentang master 3ds Max. jika anda ingin menjadi master
tentu harus pratek dengan menghabiskan banyak waktu. Saya sendiri suka dengan
software 3ds Max. tetapi saya hapus tu software karena terlalu berat di
komputer saya. Andai saja saya memiliki komputer Inter Core i10 udah saya
install lagi tu program. Hehehehe.
Perlu anda ketahui sebelum mempelajari 3ds Max lebih dalam. Anda harus
mempelajari dulu dasar-dasar yang sering digunakan dalam 3ds Max ini. Salah
satunya adalah memotong objek dengan menggunakan objek lain. Sama seperti di
CorelDraw, teknik dasar ini mau tidak mau harus dipelajari. Tidak mungkin
ketika kita membuat sesuatu akan terasa selalu pas. Pasti ada kelebihan atau
kekurangan objek yang kita buat. Jika objek itu pelu di potong kita harus
memotongnya. Dan jika objek itu perlu kita perpanjang kita harus perpanjang.
Nah yang kita simak kali ini adalah cara memotong objek di 3ds Max.
1. Pertama-tama anda masuk terlebih dahulu ke software 3ds Max. Lalu buatlah
box sebagai objek yang akan dilobangi. Caranya yaitu pilih Standard Primitives dan klik Box.
Lihat gambar dibawah.
2. Buatlah sebuat box di lembar kerja. Terserah dimana saja. Kira-kira akan
tampak seperti gambar dibawah ini.
3. Klik zoom extents all seperti
gambar diatas yang dilingkari warna merah. Untuk toolnya berada dipojok kanan
bawah.
4. Nah pada step kali ini kita akan membuat pelubangnya. Yang baru kita buat
tadi adalah box sebagai objek yang akan kita lubangi. Untuk objek pelubangnya
kita menggunakan cylinder atau tabung. Caranya yaitu anda klik cylinder dan
buat objek cylinder terserah anda. Pastikan objek cylinder tadi masuk ke objek
box. Kita-kita seperti gambar diatas.
5. Atur posisi tabung sehingga berada ditengah objek box. Anda bisa menggunakan
selec and rotate. Setelah anda
mendapatkan posisi yang diinginkan barulah kita akan menuju ke langkah
berikutnya yaitu melobangi objek.
7. Setelah itu anda pilih standard
primitives pilih compound objects => Boolean
=> Pick Operand B dan kemudian klik objek cylinder. Lihat gambar
dibawah ini agar lebih jelas.
Dan objek box akan tampak seperti gambar dibawah ini. Objek box berhasil
dilobangi dengan menggunakan objek cylinder.
Dengan cara ini anda bisa melobangi objek manapun yang anda mau. Sepeti yang
kita praktekan diatas. Pada akhir-akhir step kita mengklik objek cylinder, itu
berarti objek cylinder itulah sebagai pemotongnya.
Jika kita memilih objek box, maka objek cylinderlah yang akan terpotong. Nah
dalam hal ini objek yang di pilihlah yang menjadi pemotong objek lainnya.
Semoga bermanfaat.